Google telah meluncurkan Google Plus atau yang lebih dikenal dengan Google+ . Google Plus adalah jejaring sosial yang dibuat oleh Google. Google plus menawarkan sejumlah fitur menarik. Sebelumnya Google sudah meluncurkan Google Buzz, Orkut, dan Google Wave, namun ketiganya tidak bisa sepopuler Facebook. Dan saat ini google meluncurkan kembali jejaring sosialnya dengan sebutan Google Plus (Google +) dengan fitur dan berbagai kelebihan yang ditawarkan.

Google baru saja meluncurkan Google+ (Google Plus), yang merupakan layanan jejaring sosial baru dari google.
Layanan tersebut ditengarai bakal menjadi pesaing kuat bagi Facebook. Google membuka ruang untuk berbagi foto, mengirim pesan pesan, dan komentar seperti layaknya di Facebook. Selain itu Google juga menambahkan layanan peta dan images dalam Google+.

Google pun mengklaim, jejaring sosialnya ini akan memudahkan orang untuk mengatur kontak tanpa membuat grup. Namun, beberapa analis teknologi informasi berpendapat, Google+ hanya mereproduksi fitur dari Facebook, dengan hanya menambahkan fungsi video chat.

Ada empat fitur yanng menjadi andalan mereka :

Circles. Fungsi ini bisa digunakan untuk memasukkan nama-nama teman ke dalam grup dan pengguna bisa berbagi konten dengan format berbeda di dalam lingkaran pertemanan ini.

Hangouts. Ini adalah layanan conference lebih dari dua orang dengan video call.

Huddle. Layanan ini menyediakan grup-grup di jejaring ini untuk mengirim pesan instan.

Sparks. Fitur ini menghubungkan individu dalam jaringan ini kepada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu hal.

Hingga saat ini Google + baru bisa dinikmati oleh segelintir pengguna dan hanya bisa dinikmati lewat undangan dari pengguna yang sudah terdaftar. Tapi, Google berusaha agar jejaring sosial ini bisa segera dinikmati oleh jutaan pengakses Google setiap harinya.

Google meluncurkan jejaring sosial baru dengan nama Google Plus. Sebelumnya, perusahaan pernah berusaha menggaet orang bergabung di jejaring sosial bernama Google Wave dan Google Buzz. Sayang, kedua layanan ini tak terlalu diminati oleh pengguna internet.

Mampukah Google+ (Google Plus) menarik para pengguna internet untuk bergabung didalamnya?? Dan mampukah Google plus mencuri perhatian para pengguna Facebook?

Seperti yang kita semua ketahui, Facebook merupakan situs pertemanan yang menjadi luar biasa populer di berbagai belahan dunia. Popularitas facebook sungguh luar biasa, Facebook mampu menggeser situs pertemanan Friendster, yang lebih dahulu ada. Pengguna facebook bukan hanya anak muda, pengguna dewasa dan orang tua juga aktif terlibat di sana. Perkembangan facebook sangat luar biasa dalam waktu singkat Facebook telah menjadi jejaring sosial di internet.

Apakah Google+ mampu mengalahkan Facebook?

Ini bukanlah masalah satu situs melawan situs lainnya. Jika kita lihat Google merupakan situs terbesar di internet. Google+ lebih besar daripada itu. Alasan mengapa Google menyebutnya “Proyek Google+” ialah bahwa Google+ akan menjadi bagian sentral dari keseluruhan identitas Google.

Google dikenal sebagai raja di dunia internet. Google Inc adalah sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Google berbasis di Mountain View, California. Google memiliki layanan mesin pencari terbesar di internet, memberikan layanan email gratis yang di sebut Gmail, layanan chating yang bernama Google Talk. Google juga telah membuat beberapa aplikasi desktop, Picasa, google book, youtube, termasuk Google Earth, sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetil. Beberapa produk lainnya tersedia melalui Google Labs, yang mana merupakan sebuah koleksi aplikasi yang belum selesai dan masih dalam tahap ujicoba agar dapat digunakan publik. Tahun 2007, Google merencanakan peluncuran telepon genggam milik mereka, kemungkinan sebuah pesaing bagi iPhone Apple, Google akhirnya mengumumkan Android. Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat dan tampilannya minimalis

Anda sekarang bisa membayangkan, jika Google menyatukan semua yang dimilikinya menjadi satu, dengan adanya jejaring social Google+ . Google memiliki integritas porsi terbesar. Jika Google membangun fitur dan peralatan Google+ ke hampir semua layanan online yang mereka miliki mulai dari pencarian dokumen, layanan chating hingga Video. Google+ sudah diintegrasikan ke hampir keseluruhan produk Google.

Jika google membangun lingkaran dari semua dari berbagai layanan yang dimiliki tentunya kita akan memiliki banyak jenis teman, dan kita berinteraksi dan berkomunikasi dengan mereka dalam berbagai cara yang berbeda. Di tambah lagi jika Anda adalah pengguna Android, anda bisa tahu bahwa memperoleh konten dari telepon Anda ke platform sosial lebih mudah. Dalam kemungkinan Google akan tetap mencari dan mencari cara untuk membuat Android anda menjadi anggota tubuh dari platform sosial Google+ anda. Di tambah dengan Fitur Spark Google+, di mana Google mengungkit mesin pencarinya untuk melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh jejaring sosial lainnya. Jejaring sosial lain tidak memiliki mesin pencari, penggunanya harus meninggalkan situs itu untuk mencari data yang dapat dibagi atau menunggu teman mereka membaginya dengan mereka. Dan kini google telah menambahkan aplikasi Google Plus One untuk membantu para pencari informasi mendapakan situs dengan isi yang relevan.

Cobalah anda cermati, Google+ memiliki fitur obrolan, lebih mudah membuat grup khusus obrolan vidio dengan Hangouts pada Google+. Google adalah perusahaan yang sangat terpercaya didalam internet. Google telah beroperasi berdasarkan slogannya “Jangan Menjadi Jahat”.

Google Plus Jejaring sosial

Setelah anda mengetahui kelebihan dari Google Plus tentunya anda tidak ingin ketinggalan untuk segera bergabung dengan Google Plus, namun untuk sekarang ini, tampaknya masih sedikit agak sulit untuk bergabung kedalam Google Plus, karena banyaknya permintaan untuk bergabung menjadi komunitas Google Plus. Tadi saya sempat kesulitan saat ingin bergabung di Google Plus, namun berkat bantuan teman yang melakukan Invite, sayapun segera bisa masuk dan bergabung dengan Google Plus, setelah masuk kedalamnya, ternyata apa yang saya baca pada beberapa website benar adanya, google telah mengembangkan dan mengumpulkan beberapa layanannya kedalam Google Plus, Kemudahan dalam pengelolaan ada didalamnya, Google Plus Lingkaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan Google Plus Circle, Google Plus Sparks , Google Plus Hangout, Google Plus Social Network Instant Uploads , Google Plus Social Network Huddle, Google Plus Mobile Fitur, dan yang tidak kalah penting adalah Google Plus one yang merupakan Fitur yang dapat digunakan untuk membantu teman dalam mereferensikan situs yang memiliki artikel relevan.

 Bagi para Bloger, Admin-admin situs tettunya tidak akan melewatkan untuk memasang tombol dari Google Plus One pada situs mereka, demi meningkatkan kualitas juga lalulintas pada situs yang mereka kelola.
salam_sitijamilahamdi

0 komentar

Recent Readers