DOA MENYONGSONG BULAN BARU.....

Diposting oleh fajar islami | 07.30 | | 1 komentar »


Segala puji bagi Allah, shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad, keluarganya, para sahabat, serta yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat. Amma ba’du:


Para pembaca yang dirahmati Allah Ta’alaa, tidak berapa lama lagi kita akan menyongsong bulan Ramadhan yang dirindukan oleh para ahli ibadah dan kebaikan, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selalu menyambut gembira datangnya bulan berkah ini, maka sepatutnya kita mencontoh beliau dengan menunjukkan kegembiraan kita dengan kedatangannya.

Diantara bentuk kegembiraan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam menyongsong datangnya bulan-bulan baru termasuk Ramadhan adalah dengan berdoa.

Tidak ada riwayat khusus mengenai doa bulan Ramadhan namun ada doa umum yang bisa kita ucapkan ketika masuk bulan baru Hijriah:

Syeikh Shalih bin Fauzan hafidhahullah pernah ditanya:

Apakah ada doa-doa khusus ketika masuknya bulan Ramadhan yang berkah dan doa apa yang wajib diucapkan seorang muslim pada malam tersebut, saya mohon penjelasannya semoga Allah memberikan keberkahan ?

Beliau menjawab:

Saya tidak mengetahui adanya doa khusus yang diucapkan ketika masuk bulan Ramadhan namun hanya ada doa umum untuk seluruh bulan yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam apabila beliau melihat hilal Ramadhan atau yang lainnya beliau mengucapkan:


"اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام هلال خير ورشد ربي وربك الله"

(Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal iman was salaamati wal islam hilalu khairin wa rusydin Rabbi wa Rabbuka Allahu)

Artinya:” Ya Allah jadikanlah dia bagi kami bulan kebaikan dan keimanan, keselamatan dan Islam, bulan kebaikan dan petunjuk, Rabb-ku dan Rabbmu adalah Allah”.

Dalam riwayat lain dari haditsnya Thalhah bin ‘Ubaidillah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengucapkan: ‏


" الله أكبر اللهم أهله علينا بالأمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله‏"‏ ‏

(Allahu Akbar Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal iman was salamati wal Islam Rabbi wa Rabbuka Allahu)

Artinya: “Allahu Akbar, Ya Allah jadikanlah dia bagi kami bulan dengan kemananan dan keimanan, dengan keselamatan dan Islam Rabbku dan Rabbmu adalah Allah”.

HR At-Tirmidzi dalam sunannya (juz:9 hal: 142) dari haditsnya Thalhah bin ‘Ubaidillah radhiallahu ‘anhu semacamnya. Lihat juga musnad Imam Ahmad (juz:1 hal:162) dari haditsnya Bilal bin Yahya bin Thalhah bin ‘Ubaidillah dari bapaknya dari kakeknya. Lihat juga musnad Ad-Darimi (juz:2/hal:7) dari haditsnya Ibnu Umar radhiallahu anhu. Lihat juga Kitabus Sunnah oleh Abi ‘Ashim (juz:1/hal:165) dari haditsnya Bilal bin Yahya bin Thalhah bin ‘Ubaidillah dari ayahnya dari kakeknya. Lihat juga Mu’jam Kabir oleh At-Thabrani (juz:12/hal:375) dari haditsnya Ibnu Umar. Lihat juga Al-Mustadrak Al-Hakim (juz:4/hal:285) dari haditsnya Bilal bin Yahya….dan lihat juga Majma’uz Zawaid wa Manba’ul Fawaid (juz:10/hal:139). Lihat juga Tuhfatut Dzakirin (hal:176-177), Lihat juga Faidzul Qadir (juz:5/hal:136-137) dan juga Shahihul Wabilus Shayyib hal:220) .

Doa ini ditujukan ketika melihat hilal bulan Ramadhan atau yang lainnya, adapun yang doa-doa yang dikhususkan untuk masuknya hilal Ramadhan maka saya tidak tahu sedikitpun dalam halitu, seandainya seorang muslim berdoa supaya Allah menolongnya untuk berpuasa bulan Ramadhan atau mengkabulkannya maka hal itu tidak mengapa akan tetapi tidak menentukan doa yang khusus.

wallahu 'alam
salam_sitijamilahamdi

1 komentar

  1. SOCIO - MOTIVATION // 10 Agustus 2010 07.34  

    Hai Friend, apa khabar?
    Saya buat postingan baru nich.
    Kalau sempat silahkan mampir di blog saya, yaa…
    http://sosiomotivation.blogspot.com
    Kita bisa berbagi tentang motivasi.
    Selamat menikmati, semoga bermanfaat.
    Thanks.

Recent Readers