KEAJAIBAN MASA MUDA......

Diposting oleh fajar islami | 07.56 | | 0 komentar »

Antara Kekuatan dan Kemauan
Masa muda menyimpan sejuta keajaiban. Tentunya sejuta keajaiban itu tidak dimiliki oleh fase-fase sebelumnya maupun sesudahnya. Masa muda adalah sebuah fase dalam kehidupan manusia, yang mana dalam diri seorang muda terkumpul dua kekuatan penting dalam hidup. Kedua kekuatan tersebut adalah; al-Quwwah (Kekuatan) dan al-Iradah (Kemauan)
.
Anak yang masih kecil misalnya, ia memiliki kemauan, tapi belum diberikan kekuatan fisik untuk merealisasikan keinginannya itu. Sebaliknya orang yang sudah udzur, kemauan ada tapi kekuatan fisik sudah tidak lagi mendukung. Hanya dalam diri orang muda lah terkumpul dua hal penting tersebut.


Jika seorang remaja mampu menyalurkan kekuatan dan keinginannya pada hal-hal yang positif, maka sungguh sesuatu yang luar biasa akan terjadi pada dirinya. Potensi yang dimilikinya akan benar-benar tergali. Sehingga ia akan menjadi sosok yang produktif dalam berbagai bidang yang digelutinya dalam hidup.

Maka dari itu, sungguh sayang seribu kali sayang jika masa muda ini berlalu begitu saja, tanpa ada sesuatupun yang bisa dipersembahkan untuk hidup di dalamnya. Sehingga tanpa terasa masa tua datang menjelang, meskipun tanpa diundang. Belum ada karya, belum ada persembahan yang berarti dalam hidup yang dilakukannya. Ingin masa muda kembali terulang agar ia dapat berbuat lebih baik dan lebih banyak, namun apalah dikata, itu semua hanyalah mimpi belaka. Masa muda yang hanya sekali tak akan pernah kembali.
Hal inilah yang terkandung dalam firman Allah Swt:

"Allah, dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, dan Dialah yang Maha mengetahui lagi Maha Kuasa." (QS. ar-Rum: 54).

Keadaan lemah itu adalah masa kecil, kemudian keadaan kuat adalah masa muda. Sedang keadaan lemah setelah itu adalah masa tua. Jadi jelaslah disini kita bisa memahami, bahwa masa muda ini adalah masa yang istimewa. Masa yang harus kita manfaatkan dengan baik untuk mengumpulkan energi hidup. Masa yang harus kita gunakan dengan produktif. Bukan malah masa bersantai-santai. Bukan pula masa bermalas-malas. Karena ingat, setelah masa ini berlalu, maka kekuatan itu tak akan kita dapati lagi sebagaimana yang kita dapati di masa ini.
salam_sitijamilahamdi

0 komentar

Recent Readers